BAB MENGENAL TANDA TANDA I'RAB
1. Bagi rafa’ itu ada empat tanda, yaitu dhammah, waw, alif dan Nun
Adapun Dhammah, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada empat tempat :
1. Pada Isim Mufrad,
2. Jama’ taktsir
3. Jama’ muannas salim, dan
4. fiil mudhari’ yang tidak bersambung di akhirnya dengan
sesuatu
Adapun waw, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada
dua tempat :
1. Pada jama’ mudzakkar salim, dan
أَبُوْكَ،
وَأَخُوْكَ، وَحَمُوْكَ، وَفُوْكَ، وَذُوْ مَالٍ
Adapun alif, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada isim-isim tatsniyyah yang tertentu Adapun Nun maka ia menjadi tanda bagi
rafa’ pada fi’il mudhari yang
bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir jama’, dan dhamir muannats
mukhatabah.
2. Bagi
Nashab itu ada lima tanda, yaitu Fathah,
alif, kasrah, ya, dan hadzfunnuun (membuang nun).
Adapun fathah maka ia menjadi tanda bagi nashab pada tiga tempat :
1. Pada Isim Mufrad
2. Jama’ taksir, dan
3. fi’il Mudhari apabila masuk atasnya amil
yang menashobkan dan tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatupun
adapun
alif, maka ia menjadi
tanda bagi nashab pada isim-isim yang lima contohnya :
.aku melihat bapakmu dan saudaramu)dan
apa-apa yang menyerupai contoh ini(رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ
Adapun kasrah, maka ia menjadi tanda bagi
nashab pada jama’ muannats salim
Adapun
ya, maka ia menjadi tanda
bagi nashab pada tatsniyah dan jama’
Adapun Hadzfunnuun, maka ia menjadi tanda bagi nashab
pada fi’il-fi’il yang lima yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.
3.
Bagi Khafadh atau jar itu ada 3 tanda, yaitu kasrah, ya,
dan fathah.
Adapun
kasrah, maka ia menjadi
tanda bagi khafadh pada tiga tempat:
1. Isim Mufrad yang menerima
tanwin
2. jama’ taksir yang menerima tanwin, dan
3. jama’ muannats salim
adapun
ya, maka ia menjadi tanda
bagi khafadh pada tiga tempat:
1. Pada isim-isim yang lima
2. Isim Tatsniyah, dan
3. jama’
adapun fathah, maka ia menjadi tanda bagi khafadh pada isim-isim
yang tidak menerima tanwin.
4. Bagi
jazm itu ada 2 tanda, yaitu sukun dan al hadzfu (membuang).
Adapun
sukun, maka ia menjadi
tanda bagi jazm pada fi’il yang shahih akhirnya
Adapun al hadzfu,
maka ia menjadi
tanda bagi jazm pada fi’il
mudhari yang mu’tal akhirnya dan pada fi’il-fi’il yang ketika
rafa’nya dengan tetap nun.
No comments:
Post a Comment